Profil TKA-TPA Nurul Huda |
Dukuh Sinduharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta
Komplek Masjid Nurul Huda Jl. Kaliurang Km 10 Dukuh Sinduharjo
Ngaglik Sleman Yogyakarta kode pos 55581
Homepage : -
Email : hudageo@gmail.com
NAMA DAN TEMPAT
Nama : Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an dan Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Huda Dukuh Sinduharjo
Tempat : Komplek Masjid Nurul Huda Jl. Kaliurang Km 10 Dukuh Sinduharjo
Ngaglik Sleman Yogyakarta kode pos 55581
VISI
Taat, Kepribadian Al-Qur’an, Terampil, Prestasi, Alim dan Bahagia Dunia Akhirat dalam rangkamewujudkan generasi Rabbani yang menjadi cahaya bagi lingkungan sekitar”
MISI
a. Membuat program kerja dan kurikulum yang integral, terarah, jelas serta sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.
b. Mencetak santriwan-santriwati TKA-TPA yang tangguh, ulet dan disiplin melalui berbagai pembinaan dan bermacam kegiatan.
c. Meningkatkan dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak di masyarakat dalam melakukan program kerjanya.
d. Melakukan syiar-syiar dan sosialisasi yang tepat dan baik terhadap masyarakat.
e. Membina santri untuk mampu membaca Al Qur’an dengan baik dan memahami Ilmu Tajwid.
f. Membina santri untuk mampu dan rajin beribadah, Sholat dan membaca Al Qur’an.
g. Member dukungan santri untuk dapat berprestasi dalam setiap event perlombaan yang diikuti.
h. Terbinanya suasana pendidikan yang dinamis yang melibatkan berbagai pihak, ustadz, satri dan orangtua.
LANDASAN PEMIKIRAN
“Hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang apabila meninggalkan dibelakang mereka
anak-keturunan yang lemah, khawatirlah terhadap (kelemahan) mereka….” [QS. An Nisa’ : 9].
Menjadikan generasi penerus yang berkualitas, berakhlaqul karimah yang tinggi dan senantiasa mempunyai iman dan taqwa yang kokoh adalah tanggung jawab kita bersama. Kita sadari bahwa untuk mencapainya, tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun memerlukan keseriusan dan kegigihan dalam menanganinya. Pendidikan dan pengajaran yang islami merupakan alternatif yang baik dalam menjadikan anak yang berkualitas tersebut. Pendidikan islami perlu diberikan kepada anak sejak dini. Salah satu pengenalan pendidikan yang islami adalah melalui penyelenggaraan Taman Kanak Kanak Al Qur’an dan Taman Pendidikan Al Qur’an (TKA-TPA).
KEADAAN TKA-TPA NURUL HUDA
TKA-TPA Al Falah telah berdiri sejak tanggal tahun 1993 dan sampai saat ini Alhamdulillah masih tetap eksis dan selalu berusaha mengkualitaskan diri. TKA-TPA Nurul Huda pada saat ini tidak memiliki kurikulum baku. Meskipun demikian pengurus TPA selalu berusaha meningkatkan kualitas pengelolaan TPA dengan cara membuat kurikulum dimana pendidikan TKA dapat diselesaikan dalam 3-4 semester dan dilanjutkan dengan TPA selama 6 semester. Jumlah santri untuk tahun 2010 adalah sekitar 50 anak dengan rincian 14 anak < 6 tahun, 22 anak usia 6-11 tahun, 11 anak berusia >11 tahun. Sedangkan tahun 2012 adalah sekitar 35 anak. Jumlah ustadz/ustadzah aktif/tidak aktif pada saat ini berjumlah 5 orang.
Kegiatan belajar-mengajar dilaksanakan seminggu tiga kali yaitu setiap hari senin, kamis dan sabtu jam 16.00 – 17.30 WIB bertempat di Masjid Nurul Huda Dukuh Sinduharjo lantai satu (untuk lantai dua digunakan untuk tempet ibadah sholat) dan serambi Masjid Nurul Huda Dukuh. Pada saat ini Kegiatan Belajar Santri dibagi menjadi dua sesi sesi membaca Iqro’ atau Al Qur’an dan sesi menulis atau menggambar. Materi pendidikan meliputi Iqro’ , Taddarus, Baca Tulis Al-Qur’an, Hafalan, Materi Aqidah-Akhlaq, Tajwid, Qur’an-Hadits, Seni dan Keterampilan.
STRUKTUR ORGANISASI
TKA-TPA Nurul Huda Dukuh Sinduharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta
PELINDUNG : Allah Swt.
PENASEHAT : Takmir Masjid Nurul Huda
KETUA : Dian Hudawan Santoso, Msc
SEKRETARIS I : Reny Rusmiyati
SEKRETARIS II : Fitri
BENDAHARA I : Retno Dian SaputraBENDAHARA II : Yuliawati Dwi Santoso
ANALISIS SWOT TPA NURUL HUDA
I. Analisa SWOT
a. Strengh (kekuatan)
Ø Memiliki sarana dan prasarana yang mendukung (ruang belajar/masjid,Al Qur’an, Iqra; alat tulis, ustadz)
Ø Memiliki dukungan yang luas dari berbagai pihak, takmir, dukuh dan masyarakat dusun.
Ø Banyak orangtua murid yang mendukung adanya kegiatan TPA.
Ø Banyak santri-santriwan yang masih cukup bersemangat datang TPA.
Ø Adanya sumber pendanaan dari SPP dan donatur.
b. Weakness (kelemahan)
Ø Belum ada kurikulum yang terpadu dan integral.
Ø Belum maksimalnya sumber daya pengajar yang ada baik secara kuantitas mupun kualitas.
Ø Para ustadz sering kesulitan waktu.
Ø Tidak ada infak bagi ustadz/ah.
Ø Harus memutar music sebelum TPA dan tidak ada CD nya.
Ø Kadang waktu TPA molor sehingga pulang larut.
c. Opportunity (peluang)
Ø Para orangtua/masyarakat tsiqoh terhadap pengelola TPA, sehingga pengurus mampu mengoptimalkan peran mereka untuk meningkatkan kinerja TKA-TPA.
Ø Banyak donator-donatur yang bisa digaet di dusun kita maupun dari luar, fungsinya untuk meningkatkan sumber pendanaan TPA
Ø Banyak anak-anak yang masih belum ikut TPA sehingga ada peluang untuk bisa diikutkan.
Ø Banyak sumber daya ustadz dari kalangan pemuda yang bisa dipakai
Ø Adanya kegiatan Forsilu yang bagus untuk meningkatkan ukhuwah dan kafa’ah ustadz-ah.
d. Treat (ancaman)
Ø Bila tidak ada music/ nasyid sebelum TPA, praktis tidak ada anak-anak yang datang TPA
Ø Beberapa santri sudah tidak berangkat TPA lagi dengan berbagai alasan masing-masing.
Ø Kegemaran sepak bola oleh anak-anak setiap sore kadang mengganggu TPA
Ø Jika ustadz-ustadz sudah pada pergi tidak ada kaderisasi, maka dikhawatirka akan berhenti TPA nya.
II. Evaluasi analisa SWOT
a. Strenght
Ø Mempertahankan seluruh kekuatan yang ada
Ø Menambah beberapa sarana yang masih kurang
b. Weakness
Ø Membuat kurikulum yang terpadu dan integral
Ø Meningkatkan kuantitas dan kualitas ustadz
Ø Mengatur dan menjadwal para ustadz secara sistematik
Ø Diberikan infak bagi para ustadz setiap bulan
Ø Beli Cd Hadad Alwi dan sulis.
Ø Jadwal kegiatan TPA dimajukan.
c. Oportunity
Ø Meningkatkan kepercayaan orang tua dengan mengadakan berbagai forum bagi orang tua seperti pelatihan-pelatihan.
Ø Mencari sumber pendanaan bagi TPA disekitar dukuh.
Ø Mengundangi anak-anak yang selama ini belum berangkat TPA.
Ø Mengajak dan memotivasi teman-teman remaja untuk membantu mengajar TPA (digaji secara layak).
Ø Mengikuti kegiatan Forsilu
d. Treat (ancaman)
Ø Mengusahakan ada alat-alat music seperti cd, vcd dsb; sambil berusaha mengurangi ketergantungan tersebut.
Ø Mengundangi dan menyemangati anak-anak yang tidak berangkat TPA.
Ø Untuk mensiasatinya diadakan lomba sepak bola antar TPA.
Ø Mencetak regenerasi ustad/ah.
III. Identifikasi kondisi TPA kekinian:
ü Jumlah santri masih banyak, aktif sekitar 30 anak.
ü Jumlah ustadz praktis tinggal 3-5 yang aktif, dan yang lainnya kurang begitu aktif. ( aktif: seminggu berangkat minimal 2 kali; kurang aktif : seminggu 1 kali)
ü Metode pengajaran sangat monoton, sehingga tidak ada progress sama sekali. Hanya membaca dan sedikit menulis.
ü Banyak waktu yang sebenarnya tidak produktif, karena selagi ada yang mengaji santri lain banyak yang bermain dan mengganggu pengajian.
IV. Metode dan Konsep Pembinaan TPA.
Sebagaimana dalam visi dan misi serta analisa SWOT diatas maka metode dan pembinaan TPA harus segera dibuatkan sebuah kurikulum yang integral dengan mempertimbangkan :
a. Keadaan dan kondisi TPA (sumberdaya santri dan ustadz; sarana dan prasarana serta iklim TPA)
b. Prioritas dan kebutuhan santri berdasarkan realitas yang ada.
c. Manajemen dan system pengelolaan yang mengacu pada target-target yang jelas, baik jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.
d. Metode pembinaan menggunakan BCM (bermain, cerita dan menyanyi) atau dengan yang lainnya.
e. Perlu adanya variasi-variasi dalam melakukan penyampaian materi dan pembinaan terhadap santri
f. Adanya evaluasi setiap kurun waktu tertentu yang dilakukan dengan cara ujian baik tertulis maupun praktek dan dilaporkan hasilnya kepada wali santri dalam wujud buku rapor santri.
g. Untuk menegakkan kedisiplinan maka perlu dibuat jadwal untuk santri (piket) dan juga ustadz.
h. Untuk mengontrol berbagai kegiatan ibadah maka perlu dibuatkan lembar mutaba’ah bagi santri dan juga ustadz.
KURIKULUM
No
|
POKOK
|
Materi
|
Rincian Materi
|
|
I
|
IQRA
|
|||
II
|
Al QUR’AN
|
|||
III
|
HAFALAN
|
Hafalan Sholat
|
- Doa Iftitah
- Surat Al FAtihah
- Doa Ruku
- Doa I’tidal
|
- Doa Sujud
- Doa Duduk diantara dua Sujud
- Doa Tasyahud
|
Hafalan Doa
Sehari-hari
|
-
Doa
Sebelum Tidur
-
Doa
Sesudah tidur
-
Doa
Kebaikan Dunia Akhirat
-
Doa keluar
rumah
-
Doa
belajar
-
Doa untuk
kedua orangtua
|
-
Doa
sebelum makan
-
Doa
sesudah makan
-
Doa masuk
kamar mandi
-
Doa keluar
kamar mandi
-
Doa masuk
masjid
-
Doa keluar
masjid
|
||
Hafalan Surat
|
- Surat An Nas
- Surat Al Ashr
- Surat Al Falaq
- Surat Al Ikhlas
|
- Surat Al Kafirun
- Surat An Nashr
- Surat Al Lahab
|
||
IV
|
PENDIDIKAN ISLAMIYAH
|
- Aqidah/Akhlaq
|
- Syariah
|
|
V
|
Ketrampilan dan Seni
|
- Angka Arab
- Menulis Arab
- Bangun/Gambar
|
- Menyanyi Lagu Islami
- Bermain
|
DATA SANTRI
KELAS TKA (Reny Rusmiyati)
- RISYA MEIDA KUNTARA
- MUHAMMAD FAJAR SAPUTRA
- MUHAMMAD ALIF NURROHIM
- MUHAMMAD RAFI HUSADA
- ARKAN MUSTHOFA
- TRIYANI
- TEGAR SYARIFUDIN
- TESSA AMELIA
- SAIDA KURNIA INDRASWARI
- ADITYA MADA HARSONO
- KRESNO AJI (UNGGUL)
- RAHMA
- ALIFIA KHOIRINNISA
- SHIFA
- TIARA FRIAESA
- ANGGORO AJI SUTRISNO
- IKHSAN NURMAJID
- NOVIANA EKA RAHMAWATI
- TIKA DWI ISTIANI
- SITI MARYAM SHOBRIA
- TRI YULI UTAMI
- ANJAR SUBEKTI
- ALVINA WULANDARI
- SAUSAN T.W.
- MUHAMMAD ABDIKA
- BAGAS DWI PRASETYA
- ALDA AMELIA LUPITASARI
- NUR HABIB PANGESTU
- ARYA PRASETYA
- DEA TRI ALISTA
- DWI MAS NUR ILHAM
- DEWI RAHMAWATI
- HELMI DWI FAHMI
- RYAN PERMANA
- GALUH
- RISKY
KELAS TQA (Dian Hudawan S)
- RYAN YUDHA KUNCARA
- DWIDA SURYA PRAKASA
- SATRIO BAGUS PANUNTUN
- ANGGER PRIYAYASA
- ALI ILHAM SADEWA
- IFAN
- HANAN
- Qodry
- Aprillia
- Fahlani
- SARI
ANGGARAN PER BULAN TKA-TPA NURUL HUDA
NO
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
TOTAL
|
||
Pemasukan
|
|||||
1
|
Subsidi Takmir
|
Rp. -
|
|||
2
|
Infaq Santri TKA-TPA Nurul Huda
:
|
||||
a. 1 X Rp. 15.000
|
Rp15,000
|
||||
b. 6 X Rp. 10.000
|
Rp.60,000
|
||||
c. 15 X Rp. 7.500
|
Rp.112.500
|
||||
d. 2 X Rp. 5.000
|
Rp.10,000
|
||||
3
|
Donatur / Dermawan
|
Rp 200.000,-
|
|||
TOTAL PEMASUKAN :
|
Rp. 397.500
|
||||
Pengeluaran
|
|||||
A.
|
PENGELUARAN TKA-TPA NURUL HUDA :
|
||||
1. Honorarium Ustadz/Ustadzah :
|
|||||
5 ustadz/ah X 2 jam X 3hari X 4
minggu X Rp5000
|
Rp. 600.000
|
||||
Sub Total
|
Rp
600.000
|
||||
2. Administrasi
: Total
|
50000
|
Rp50.000
|
|||
TOTAL
PENGELUARAN :
|
Rp.
650.000
|
||||
SALDO
AKHIR :
|
Rp. – 252.500
|
1xbet korean: best betting site,bet 1xbet lite
BalasHapus1xbet korean: best 1xbet app betting site,bet 1xbet lite. 1xbet lite. 1xbet korean: best betting site,bet 1xbet lite.